Menaikkan Performa Suzuki Shogun Axelo 125 Tidak Perlu Bore Up!

Buat menaikkan performa Suzuki Shogun Axelo 125 yang paling disayangi, tidak butuh menaikan kemampuan mesin lho. Iya, tujuannya melalui langkah bore up gitu! Dengan kemampuan isi silinder yang tetap sama, dapat kok menguber kenaikan power sampai 3, 8 dk. 

Seperti dikerjakan Robby Wahyudi di pacuan yang barusan ditebusnya sekian waktu lalu. “Sebelum Axelo ini, gunakan Shogun 125. Langkah tersebut pada mulanya juga telah diaplikasikan di Shogun. Jadi tinggal copy paste saja, ” tutur pria yang tinggal di Pamulang, Tangerang. 

Sistem pelaksanaan, dikerjakan Freddy A. Gautama. Dia orang yang memiliki workshop Ultraspeed di Jl. H Mencong, No. 42, Ciledug, Tangerang. Buat menambah power, pria yang juga mempunyai mesin dyno ini menyentuh sebagian part vital.


Pertama, dari segi piston. Maksudnya agar dongkrak kompresi. Piston juga diambil merk Izumi yang umum diaplikasi tunner akan isi jeroan bebek balap. “Diameternya terus ukuran standard, 53, 5 mm. Tinggi dome sesuai, ” saya Freddy. 

Maklum, lantaran kepala serta blok silinder di Axelo ini tak alami pemapasan. Jadi, dome juga tak bisa tinggi agar piston tidak beradu klep. “Dome piston dibikin jadi 2 mm, ” timpal Choky, satu diantara mekanik Ultraspeed yang bantu sistem penggarapan. 

Coakan di kepala piston juga sesuai dengan klep yang lift-nya turut dinaikkan. Pasti agar tidak mentok. Kenaikan lift klep ini dapat dampak dari pemapasan kem. “Untuk durasinya agak lupa. Namun setiap bumbungan dipapas seputar 1 mm saja kok, ” urai Choky lagi. 


Naiknya lift klep, perlu penyesuaian juga dibagian per klep. Agar sedikit lebih keras serta hindari floating di rpm tinggi, per standard digantikan fungsinya oleh per klep merk TK. Melalui gantian ini, saat ini kompresi di engine sentuh 11 : 1. 

Untuk dongkrak pengapian, CDI BRT turut dipasang. Gunakan jenis Dual Band, namun aplikasi dari jenis Shogun 125. “Perubahan di soket saja. Axelo, soket CDI-nya serupa dengan Suzuki Smash, ” pasti Freddy. 

Setingan paling akhir, terdapat di pengabut bahan bakar. Cuma hanya pergantian pilot-jet serta main-jet. Standarnya Axelo, gunakan pilot 15 serta main-jet 95. Saat ini telah gunakan ukuran 17, 5 serta 102, 5. 

Ingin cobalah? Baca juga artikel kami lainnya tentang Suzuki Shogun Axelo 125 yang berjudul modifikasi Suzuki Shogun Axelo 125 di lain sesi dalam blog ini.


Ogah Berisik 
Walau tenaga pacuan melonjak, namun Robby ogah tampak berlebihan. Iya, tampak untuk pamer gantian di mesin. Barangkali lantaran di mempunyai ciri-ciri low profile ya. 

Maka itu, masalah saluran buang digunakan mempunyai standard. Namun, standarnya punya Suzuki Satria F-150 yang mempunyai volume tabung semakin besar. Untuk sisi leher, Robby aplikasi pipa tiga ukuran. Pertama, 24 mm. Lalu sisi tengah dipasang 26 mm. Serta 28 mm untuk pipa yang ke silencer. 

“Harga silencer yang baru seputar Rp 400 ribu. Sekennya Rp 200 beberapa ribu, ” kata pria yang ingin turing berbarengan Axelo-nya ke Magelang, Jawa Tengah untuk naik gunung Merbabu ini.

Menaikkan Performa Suzuki Shogun Axelo 125 Tidak Perlu Bore Up! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggara Widhitomo